Home » Artikel » Download Powerpoint Fiqh Qurban dan Amaliyah Dzulhijjah

Download Powerpoint Fiqh Qurban dan Amaliyah Dzulhijjah

Monday, October 17th 2011. | Artikel

 

Ahad 16 Oktober 2011, kajian rutin Ikadi Sragen di Masjid Agung Kabupaten di Kauman Sragen. Kali ini saya membahas tentang fiqh Qurban dan Amaliyah bulan Dzulhijjah. Setahun yang lampau jelang idul adha saya menyampaikan tentang Fiqih Haji, maka kini saatnya mengupas tuntas tentang fiqh Qurban.

Banyak mereka yang berqurban menganggap bahwa ibadah qurban tak lebih dari sedekah harta tahunan dalam jumlah yang cukup besar. Maka mereka yang meyakini hal tersebut tak mau terlibat langsung dalam rangkaian prosesi qurban. Cukup panitia mendatangi rumah mereka berbekal surat dan kuitansi, lalu mereka menyerahkan sejumlah dana dan tinggal menunggu hari-H saat panitia menyerahkan ‘paha kambing’ sebagai jatah pequrbannya. Begitu saja dan nyaris tanpa makna. Padahal yang diinginkan dalam syariat qurban bukan hanya mengeluarkan harta untuk membeli hewan qurban, tetapi juga mengambil makna dan hikmah yang begitu mendalam ada dalam ibadah qurban.

Hal yang sama juga terjadi pada masyarakat secara umum saat menyambut hari raya idul adha. Banyak yang tidak terlalu peduli dan cuek-cuek saja. Fenomana pilih kasih antara Idul Fitri dan Idul Adha begitu terasa. Padahal di sebagian besar negara Arab justru, idul adha lah momentum yang ditunggu-tunggu untuk merayakannya. Yang paling banyak ditinggalkan adalah mengambil keberkahan 1-10 Dzulhijjah dengan mengoptimalkan amal-amal sunnah dan kebaikan pada hari-hari itu, padahal jelas rasulullah SAW memberikan bocoran kepada kita tentang kemuliaannya :

Dari Ibnu ‘Abbas r.a. bahwa Nabi saw. Bersabda, “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah.” Mereka bertanya, “Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?” Beliau menjawab, “Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (HR. Bukhari)

Dari Umar r.a., bahwa Nabi saw. Bersabda, “Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad)

Akhirnya, selamat berqurban dan menyambut hari-hari mulia di awal dzulhijjah, bagi Anda yang akan berbagi seputar fikih Qurban, silahkan download Powerpoint Fiqih Qurban pada link berikut :

LINK DOWNLOAD :
http://www.4shared.com/file/9Vu2WlMV/18_Fiqh_Qurban__Amal_Dzulhijja.html

semoga bermanfaat dan salam optimis.

Advertisement

Related For Download Powerpoint Fiqh Qurban dan Amaliyah Dzulhijjah

Comment For Download Powerpoint Fiqh Qurban dan Amaliyah Dzulhijjah

RSS Islamedia

  • An error has occurred, which probably means the feed is down. Try again later.