Home » Artikel » Kumpulan Ceramah Ramadhan Kultum Ramadhan

Kumpulan Ceramah Ramadhan Kultum Ramadhan

Wednesday, July 6th 2011. | Artikel

Bulan Ramadhan sudah benar-benar ada di hadapan, maka setiap kita layak menjalankan persiapan masing-masing. Tak terkecuali bagi remaja masjid, mahasiswa atau bapak-bapak di perumahan, biasanya namanya tercantum dalam daftar pengisi kultum tarawih dan kultum isya. Ramadhan memang bulan yang menjadikan kesemarakan dakwah. Semua bersemangat dalam mendengarkan setiap mereka yang naik mimbar dan menyuarakan kebaikan. Maka agar semangat itu semakin terjaga, blog Indonesia Optimis ingin turut menyemarakkan ramadhan dengan berbagi konten-konten yang bisa digunakan untuk ceramah Ramadhan.

Ceramah Ramadhan 1 : Langkah dan Persiapan Menyambut Ramadhan
Ibaratnya kedatangan tamu mulia, maka tuan rumah yang baik tentu akan mempersiapkan sambutan yang terbaik. Kita semua kaum muslimin adalah tuan rumah yang akan mempersiapkan kedatangan Ramadhan, mulai dari bulan Sya’ban ini. Langkah persiapan harus jelang tertunaikan

Ceramah Ramadhan 2 : Permasalahan Hisab Rukyat Penentuan Awal dan Akhir Ramadhan
Setiap tahun umat islam di Indonesia dihadapkan dengan permasalahan yang unik seputar perbedaan penetapan awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Terkadang bisa terjadi keseragaman, meski bisa dikatakan sekedar ‘ketidaksengajaan’ karena posisi hilal yang memang meyakinkan untuk dilihat atau untuk tidak dilihat, bukan karena sudah ada kompromi dari waktu ke waktu.  Sebenarnya perbedaan yang ada ‘hanyalah’ perbedaan fiqhiyah semata. Artinya sudah sejak lama menjadi pembahasan dan perbedaan para ulama.

Ceramah Ramadhan 3 : Kajian dan Powerpoint Penyambutan Ramadhan (Tarhib Ramadhan)
Setelah berbagai macam ragam budaya tersebut dikenal masyarakat kita, maka mulailah fenomena Tarhib Ramadhan mengemuka di akhir lima tahunan ini. Bentuknya pun beragam, dari mulai pawai anak-anak, lomba TPA, sampai yang paling umum dilakukan adalah ceramah atau pengajian menjelang Ramadhan. Kajian ini biasanya berupaya untuk mengkondisikan umat tentang kedatangan Romadhon, mengingatkan akan hikmah dan keutamaannya, menyerukan tentang berbagai persiapan yang harus dilakukan.

Ceramah Ramadhan 4 : Menyelami Hikmah Ramadhan
Dengan mengetahui sejuta hikmah dalam Ramadhan, maka kita akan menikmati amal-amal ibadah dalam Ramadhan dengan penuh penghayatan dan kekhusyukan. Kita menjalani paket ibadah Ramadhan lengkap dengan lebih ringan karena memahami manfaatnya buat kita. Dan lebih hebat lagi, setelah Ramadhan usai pun kita masih bisa merasakan hikmahnya dalam menjalani hari-hari selanjutnya.

Ceramah Ramadhan 5 : Godaan Syetan dan Nafsu di Bulan Ramadhan
Bulan Romadhon sejatinya adalah bulan tempat kita bisa mengintip surga. Merasakan kedekatan dengan surga melalui amal-amal terbaik kita. Pintu-pintunya pun terbuka. Bahkan syaitan sang penggoda harus diikat kuat tak berkutik. Lalu tinggalah kader-kader syaitan dari jenis manusia yang masih merajalela. Kita biasa menyebutnya dengan nafsu. Nah, nafsu inilah –jika kita tidak hati-hati- akan merubah program romadhon romantis kita berubah menjadi tidak keruan. Dari janji pahala menjadi ancaman dosa. Dari mesra yang berpahala menjadi kemenangan sang durjana.

Ceramah Ramadhan 6 : Renungan Akhir Ramadhan
Jika Ramadhan kita jadikan ajang panen pahala semata, maka sungguh satu bulan saja tak akan pernah cukup bagi kita. Sebelas bulan lainnya diri kita pastilah tersapa dosa. Sedikit demi sedikit tanpa kita sadari, dosa itu membebani punggung kita. Dan kita pun tak pernah bisa mengkalkulasi sepenuhnya, apakah amal ramadhan kita sukses melibas semua dosa, ataukah hanya mengurangi beban dosa ?, atau jangan-jangan hanya sebatas lapar dahaga saja ?

Adapun untuk materi kultum ramadhan, Anda bisa mendapatkannya DI SINI,
Kumpulan Contoh Mukaddimah Ceramah dan Kultum

Semoga bermanfaat dan salam optimis
Ingin ngobrol dengan saya ? Follow saya di Twitter @hattasy

Advertisement

Related For Kumpulan Ceramah Ramadhan Kultum Ramadhan

Comment For Kumpulan Ceramah Ramadhan Kultum Ramadhan

RSS Islamedia

  • An error has occurred, which probably means the feed is down. Try again later.