PKS akan melihat tokoh-tokoh di luar partai yang dipersiapkan menjadi capres 2014. Meski begitu PKS membantah jika dikatakan tidak ada sosok kuat untuk dijadikan capres dari internal partai berlambang bulan sabit tersebut.

“Ya saya kira begitu (bantah tidak ada sosok kuat),” ujar Ketua Fraksi PKS, Mustafa Kamal dalam acara Refleksi Akhir Tahun Fraksi PKS di FX Plaza, Sudirman, Jakarta, Rabu(28/12/2011). Mustafa ditanya wartawan mengenai kemungkinan mengajukan capres dari luar partai.

Sayangnya Mustafa belum mau menyebut nama-nama yang akan diusung dari luar partai itu. Pimpinan partai, lanjut Mustafa, secara resmi sudah menugaskan untuk melakukan pola rekruitmen tokoh nasional.

“Tapi tidak spesifik soal presiden. Bukan hanya pilpres, tetapi untuk DPR kabupaten kota kita perlukan penjaringan penyaringan secara resmi,” ungkapnya.

Menurut Mustafa, PKS adalah partai dengan banyak kader, sehingga pola pemilihan kandidat presiden agak berbeda dengan partai lain. PKS lanjut Mustafa akan terus menerus memproses munculnya tokoh-tokoh nasional dan tokoh kepemimpinan nasional.

“Kita agak berbeda dari parpol lain, nama capres yang dimunculkan untuk mengungkit partainya, calon itu bisa ungkit partainya. Kita tidak bisa memakai pola itu, kita tetap memproses munculnya tokoh-tokoh kepemimpinan nasional,” jelasnya.

Lebih jauh Mustafa menambahkan PKS punya banyak kader yang dibina sejak lama, tetapi kata Mustafa tokoh-tokoh kepemimpinan nasional maupun daerah yang memiliki kesamaan visi dengan PKS terbuka untuk bergabung.

“Kita ingin menjadi milik masyarakat bisa menjadi wadah berkumpulnya tokoh-tokoh bangsa, yang mendorong perubahan, kita krisis kepemimpinan, kita butuh penyegaran. Bisa saja tokoh lama dengan komitmen baru, bisa saja muncul tokoh baru, sesuai dengan visi misi. Tidak tertutup kemungkinan ada tokoh-tokoh baru yang tawadhu kita harus temukan,” jelasnya.

Meski begitu kata Mustafa hal tersebut hanya sebatas usulan dan belum memunculkan nama-nama siapa yang pantas menjadi bakal calon presiden. “Majelis syuro akan melakukan pertimbangan paling legitimate sampai tahun 2014. Saya kira acara Mukernas di Medan akan punya nilai strategis, ini musyawarah kerja paling lapang dilakukan,” ucap Mustafa.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/12/28/174839/1801751/10/pks-buka-peluang-lirik-capres-dari-luar-partai