Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta Juli mendatang popularitas Partai Demokrat menurun khususnya di Jakarta, Demokrat kalah tenar dibanding Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan Media Survei Nasional (MEDIAN) bersama The Future Institute (TFI) seputar Pemilukada DKI. Survei dilakukan sejak 6 sampai 17 Februari 2012 dengan responden berjumlah 900 orang yang dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.

“Tingkat kepercayaan publik hanya 15,08 persen sedangkan PKS 16,70 persen,” kata Direktur Eksekutif The Future Institute Rico Marbun dalam jumpa persnya di Jakarta, Rabu (29/2).

Salah satu faktor penyebab menurunnya kepercayaan publik kepada Partai Demokrat, menurut Rico, salah satunya lantaran kasus Nazaruddin yang menyeret sejumlah pengurus partai Demokrat.

“Semakin banyak tersangka, semakin berbahaya posisi Partai Demokrat,” ujarnya. Kendati Rico mengakui, saat ini belum ada tingkat kepercayaan publik di atas 50 persen.

“Di tempat ketiga keempat dan kelima adalah PDIP, Golkar, dan Gerindra dengan tingkat kepercayaan 9,77 persen dan 7,11 persen, 6,54 persen” tambahnya. Sedangkan untuk posisi selanjutnya yaitu PPP, Nasdem, PAN, Hanura dan PKB.

“Sampai saat ini PKS merupakan partai dengan tingkat kesolidan yang tinggi di Jakarta untuk mendukung cagub,” jelasnya. (Ones)

Sumber : http://pks.or.id/content/survey-terbaru-pilkada-dki-pks-urutan-pertama